Skip to content

4 Manfaat Mengaplikasikan SEO dalam Website Bisnis

SEO

4 Manfaat Mengaplikasikan SEO dalam Website Bisnis

Di tengah tren berbisnis lewat media sosial, website rupanya masih dipercaya sejumlah pebisnis yang ingin memasarkan produk secara online.

Website dianggap sebagai etalase dengan fitur terlengkap yang akan memudahkan transaksi secara virtual.

Berbagai upaya pun dilakukan agar situs web mendapatkan atensi penduduk jagat maya, termasuk di antaranya membenamkan Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari.

 

SEO dan manfaatnya untuk website bisnis

Secara garis besar, SEO merupakan optimasi yang dilakukan terhadap platform—dalam hal ini adalah website—agar muncul di laman pertama mesin pencari seperti Google, Bing, maupun Yahoo.

Penerapan SEO dilakukan sesuai dengan platformnya. Pada website, Anda biasanya akan diminta untuk memakai kata kunci (keyword) sesuai niche situs web.

Tak hanya itu, keyword yang Anda gunakan harus relevan dengan audiensi yang ditargetkan.

Selain dari kata kunci, optimasi pada website dilakukan juga lewat deskripsi, metadata, judul, hingga konten yang Anda sediakan.

Meski tampak menyulitkan, faktanya SEO yang optimal pada website akan memberikan manfaat seperti:

1.Meningkatkan trafik website

Pernahkah Anda mengunjungi website bisnis yang dari konten dan pengelolaan bagus, tetapi trafiknya sedikit?

Atau sebaliknya, website asal-asalan yang malah terus muncul di laman pencarian search engine?

Sebenarnya, trafik website dapat Anda dongkrak menggunakan SEO yang tepat.

Hasil dari optimasi yang matang tak hanya terlihat dari trafik yang meroket drastis, tetapi juga jumlah rekomendasi dari pengguna internet yang terus meningkat.

2.Popularitas website terus naik

Berkaitan dengan poin sebelumnya, SEO sesuai rencana akan mengantarkan popularitas pada website berkat melimpahnya jumlah kunjungan.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan pegiat bisnis yang butuh eksposur tinggi untuk produk-produk yang dipasarkan.

Supaya semakin meyakinkan dan menarik calon konsumen agar mau membelinya, imbangi pula dengan konten-konten berkualitas.

Dengan begitu, para calon pembeli tak akan merasa tertipu setelah menggunakannya.

3.Mendongkrak kredibilitas

Munculnya website di laman pertama hasil pencarian sesungguhnya akan memunculkan asumsi kalau situs tersebut tepercaya di mata warga dunia maya.

Anda yang sedang merintis usaha di ranah digital pastinya ingin menumbuhkan kredibilitas dari target konsumen yang sudah dipasang.

Maka dari itu peran SEO sangat penting demi mewujudkan tujuan tersebut. Di sisi lain, sekali lagi, hal ini tidak terlepas dari upaya Anda mengelola konten website untuk meyakinkan calon konsumen.

4.Memperluas jaringan/relasi bisnis

Bukan hanya mengundang atensi warga di jagat maya, website yang SEO friendly dipandang sebagai partner bisnis dari pihak lain.

Anda bisa melihat contohnya dari para blogger yang kerap mempromosikan barang maupun jasa dari perusahaan besar.

Fee yang diterima pun tidak sedikit.

Pebisnis yang sukses mengurus website juga biasanya mendapatkan tawaran dari blogger atau influencer lain yang tertarik menjadi rekan bisnis.

Manfaatkan kesempatan ini untuk branding usaha Anda.

 

Faktor-faktor lain yang membuat website sering dikunjungi

Pengaplikasian SEO yang sesuai akan menghasilkan trafik organik pada website Anda. Lantas, seperti yang telah disinggung, ada faktor-faktor lain yang bakal mempengaruhi kualitas situs web, antara lain:

  • Konten dapat dipahami oleh audiensi dan sesuai target;
  • Website mudah diakses dan desainnya tidak membuat pengunjung kesulitan;
  • Mobile friendly mengingat tingginya penggunaan ponsel pintar dan tablet.

Demikian informasi seputar penerapan SEO pada website bisnis. Semoga membantu Anda yang akan memulai karier di dunia digital.

Ingin traffik website anda meningkat drastis dalam waktu kurang dari 3 bulan? Silahkan hubungi kami di hadid.sama@gmail.com atau 0811 372 212. Kami akan bantu tentukan metode promosi yang tepat untuk website Anda.