Skip to content

Cara Mudah Mengetahui Trafik Website

Cara Mudah Mengetahui Trafik Website - HadidSama.com

Dalam menjalankan sebuah bisnis maka salah satu yang harus terpenuhi adalah memiliki website sendiri dan hal lain yang juga perlu untuk diketahui adalah trafik website.

Dengan mengetahui traffic dari website tersebut maka anda bisa melakukan evaluasi mengenai seberapa menarik informasi yang diberikan di dalamnya.

Tentunya informasi ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan desain ulang website anda, sehingga lebih menarik dan menguntungkan jika trafik dari website tersebut juga bisa meningkat secara signifikan.

Google Analytic

Salah satu tools checking traffic yang bisa anda manfaatkan adalah google analytic yang memang tidak perlu diragukan lagi tingkat keakuratannya dalam memberikan statistik pengunjung website anda.

Selain dapat digunakan untuk menunjukkan trafik website anda alat ini juga dilengkapi dengan penunjuk peringkat kata kunci, demografi, jumlah user, browser yang digunakan hingga lokasi user.

Maka anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalam google analytic ini untuk kebutuhan SEO pada website atau blog yang sedang dikembangkan.

HiStats

Menggunakan web analytic ini anda bisa melihat pengunjung pertama, page view, user yang sedang online, rata-rata lama kunjungan hingga halaman yang dilihat user saat membuka website anda.

Menariknya anda bisa melihat statistik tersebut berdasarkan tanggal yang dipilih. Salah satu keunggulan dari web analytic ini adalah memiliki berbagai macam widget yang bisa dipasangkan pada website anda.

Informasi statistik yang detail setiap tanggalnya maka anda bisa membuat strategi yang tepat untuk menambah trafik website secara optimal.

Yahoo Web Analytic

Ternyata selain memberikan fasilitas email, yahoo juga bisa anda manfaatkan untuk menjadi web analytic.

Menurut pada pakar teknologi untuk bisnis yang mungkin masih perintis atau awal maka bisa menggunakan fasilitas dari google karena lebih terjangkau dan optimal dalam membantu mengembangkannya, tetapi untuk perusahaan besar ternyata justru akan menggunakan yahoo untuk lebih disarankan.

Tentunya ini bergantung pada pertimbangan anda masing-masing.

Stat Counter

Pada dasarnya untuk web analytic yang satu ini memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan lainnya.

Maka anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi semaksimal mungkin demi pertimbangan perkembangan website yang lebih optimal.

Namun untuk statcounter ini memang lebih terkenal dibandingkan yang lain digunakan oleh para blogger dunia.

Memang tidak ada yang istimewa dari web analytic ini tetapi mungkin banyak digunakan karena lebih mudah diaplikasikan, sehingga anda juga bisa mencoba untuk mengaplikasikannya untuk mendapatkan informasi penting mengenai statistik website.

Clicky Web Analytic

Data statistik yang diberikan oleh web analytic ini memang sangat detail dan real, sehingga akan sangat menguntungkan jika anda dapat memanfaatkan fasilitas dari aplikasi ini.

Salah satu keunggulan yang bisa anda manfaatkan adalah fitur heatmaps yang akan memberikan informasi mengenai artikel yang paling disukai oleh user saat mengunjungi website anda.

Selain itu, dalam fitur on site analytic yang dapat digunakan untuk melihat total pengunjung website secara keseluruhan.

 

Melakukan evaluasi kualitas website menggunakan berbagai jenis web analytic ini memang akan sangat menguntungkan dan mudah untuk dilakukan.

Pengaplikasian beberapa web analytic ini akan membantu untuk memudahkan pekerjaan anda saat akan memperbaiki website, dan mengetahui dimana kekurangan yang perlu dimaksimalkan lagi.

Apalagi jika anda akan mengembangkan strategi untuk menambah jumlah pengunjung website berdasarkan informasi yang didapatkan dari statistik menggunakan aplikasi khusus pilihan anda.

 

Ingin traffik website anda meningkat drastis dalam waktu kurang dari 3 bulan? Silahkan hubungi kami di hadid@hadidsama.com atau 0857 1603 3921. Kami akan bantu tentukan metode promosi yang tepat untuk website Anda.